Software Remote Real VNC Viewer


Artikel ini saya ambil dari laporan PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) saya yang dibuat kira-kira 3 bulan yang lalu yang berjudul “REAL VNC SEBAGAI SOLUSI UNTUK MAINTENANCE DAN TROUBLE SHOOTING SECARA SOFTWARE PADA PC USER MENGGUNAKAN METODE REMOTE”

Memang panjang sih judulnya, tapi saya akan membahas sedikit tentang hal tersebut, semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

REAL VNC Viewer Free Edition adalah program gratisan yang dapat di gunakan untuk mengendalikan komputer client atau server. Software ini sangat populer untuk digunakan sebagai technical support secara remote jarak jauh, dan untuk mengakses komputer di tempat kerja dari komputer yang berada di rumah. VNC merupakan remote alternatife selain remote desktop. Sebenarnya masih banyak progam remote lainnya, apalagi bagi orang yang bekerja sebagai IT administrator atau seorang Technical Support yang mengharuskannya melakukan kontrol terhadap beberapa komputer dalam satu jaringan LAN di berbagai ruangan bahkan gedung yang berbeda, atau untuk orang yang membuka usaha warnet dengan banyak komputer client, dengan menggunakan aplikasi ini seseorang tinggal membuka aplikasi ini diserver atau dikomputer miliknya. Tidak perlu berjalan ke komputer client jika si client memerlukan bantuan tentang komputernya yang bermasalah.

VNC merupakan sebuah aplikasi yang bebas dari sistem operasi (multi platform). Sebuah VNC viewer dalam suatu sistem operasi dapat terhubung ke sebuah VNC Server yang menggunakan sistem operasi berbeda. Jadi kita tidak perlu repot memikirkan jika ingin meremote ke sistem operasi yang berbeda.

Untuk menyiapkan koneksi VNC kita memerlukan sebuah IP yang akan menjadi target remote dan sebuah password, jika koneksi ke LAN dinamakan IP static, dan jika koneksi ke Internet dinamakan IP publik, bila kita menggunakan VNC sekedar untuk remote jaringan LAN dapat menggunakan IP static biasanya yang sering di gunakan 192.168.1.1 akan tetapi jika kita menggunakan Internet untuk koneksi antar gedung atau international dapat menggunakan IP publik, cara mengetahui IP publik yaitu dengan masuk ke website www.myipaddress.com jika sudah terbuka pasti terlihat IP public user yang akan di remote, seperti gambar di bawah ini

Jika kita mengendalikan sebuah PC (remote) melalui jaringan yang lebih luas dan menggunakan IP publik kita harus menggunakan modem tersendiri yang di koneksikan ke komputer yang di gunakan untuk meremote agar terhubung ke internet, karena jika menggunakan router, kita tidak akan berhasil meremote menggunakan IP publik. Software Real VNC ini menggunakan sistem yang bernama VNC (Virtual Network Computing) adalah sistem yang memungkinkan seseorang untuk berbagi desktop (desktop sharing) yang menggunakan protocol RFB (Remote Frame Buffer) untuk mengendalikan komputer lain secara remote. Penekanan tombol dan gerakan mouse ditransmisikan dari komputer satu ke komputer lain melalui sebuah jaringan. VNC sendiri resmi di kembangkan oleh AT & T. Kode sumber VNC, asli bersifat terbuka dibawah lisensi GNU, dan sampai sekarang banyak sekali varian dari VNC.

Software ini dapat di download di sini

Atau melalui rapidshare download disini

3 thoughts on “Software Remote Real VNC Viewer

  1. klo pake remote desktop bawaan windows bisa ga’ nge-remote ip publik

    trus klo kita mo ngeremote dengan ip publik
    harus install vncnya dulu ga’ di komputer si pemilik ip tersebut

    tolong secepatnya di bales

Tinggalkan komentar