Belajar Teknik Pengoperasian Sentral Telepon Juga Lho…! (Radar Bekasi)


TAMBUN SELATAN – Salah satu jurusan yang diunggulkan di SMK Telekomunikasi Telesandi adalah teknik suitsing.

Teknik Penyambungan Kabel Suitsing merupakan, jurusan yang berisi pemahaman konsep hingga aplikasi teknik penyambungan kabel suitsing. Mencakup jenis sistem suitsing, penggunaan sistem crossbar suitsing, peralatan yang membentuk sistem suitsing jenis C-400 dan macam-macam sambungan telepon.

Selain itu, juga yang mengajarkan tentang dasar elektronika analog dan digital, dasar rangkaian listrik, alat ukur dan teknik pengukuran, teknik suitsing, dasar PABX dan pengantar teknik telekomunikasi.

Ketua Program Suitsing (Switching) SMK Telekomunikasi Telesandi Suntoro mengatakan, teknik suitsing adalah jurusan yang keahliaan kompetensinya di bidang sistem telekomunikasi, pemeliharaan dan pengoperasian sentral telepon mulai dari analog, digital, teknologi voip dimana suatu teknologi yang akan digunakan banyak orang di masa yang akan depan yang didukung oleh perangkat softswith.

“Singkatnya para siswa mempelajari bagaiman proses penyambungan kabel telepon hingga bisa berkomunikasi. Selain itu jurusan ini juga mempelajari catu daya, dan perangkat penunjang lainnya seperti Oscilloscope, Multitester, dan lain sebagainya,” paparnya.

Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, siswa dalam praktek alat yang berkaitan dengan teknik suitsing pihak sekolah menyediakan satu lab suitsing yang memiliki perangkat yang lengkap yang dapat digunakan siswa untuk berlatih penyambungan telepon. “Kami selalu mengupdate teknologi peralatan telekomunikasi suitsing terbaru dan mengajarkannya agar para siswa bisa mengausai semua teknik dalam suitsing,” ucapnya.

Sehingga, kata Sintoro, para lulusan teknik Suitsing SMK Telekomunikasi Telesandi sudah dibekali ilmu dasar mengenai perangkat komunikasi analog, digital, berbasis internet atau un voip.

Suntoro juga menyakinkan, bahwa kesempatan para siswa dari jurusan teknik suitsing terbuka lebar seiring berkembangnya dunia telekomunikasi dan operator seluluer yang hadir di Indonesia.

“Sekarang perusahaan operator seluler makin menjamur pasti mereka membutuhkan tenaga ahli yang bisa menangani bidang suitsing tersebut, kalau pun belum bekerja bisa melanjutkan ke perguruan tinggi untuk menambah ilmu,” paparnya.

Para lulusan jurusan suitsing nantinya, lanjut Suntoro, diharapkan mampu mempunyai keahlian di bidang telekomunikasi khusunya suitsing, daya listrik, jaringan, bahkan transmisi yang bersentral pada suitsing

http://www.radar-bekasi.com/?p=5844

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s