PLC Sebagai Alternatif Saluran Jaringan Ethernet


PLC (Power Line Communication) adalah komunikasi melalui kabel listrik, juga dikenal sebagai PDSL (Power Line Digital Subscriber Line), mains communication, PLT (Power Line Telecom), PLN (Power Line Networking), atau BPL (Broadband over Power Lines), adalah sistem untuk membawa data pada konduktor yang juga digunakan untuk transmisi tenaga listrik. Dengan demikian, selain berfungsi sebagai sumber listrik, jaringan listrik juga menjadi media penghantar komunikasi.

Pengguna Internet di rumah memang sudah menjadi hal biasa. Untuk membuat semua ruang terkoneksi internet, paling tidak menggunakan dua cara, yaitu sharing dengan menggunakan kabel jaringan yang sudah mulai ditinggalkan karena masalah kerapian kabel dan via Wi-Fi yang saat ini masih terkendala oleh jangkauan sinyal. Teknologi Powerline Communication (PLC) datang sebagai alternatif lain.

Teknologi yang disebut juga Homeplug ini menggunakan saluran listrik PLN untuk menyalurkan data. Alat Homeplug memiliki converter yang mengubah data ethernet ke listrik AC. Settinganya mudah karena setiap Homeplug memiliki alamat MAC sendiri. Teknologi ini sangat fleksibel, memanfaatkan socket listrik yang sudah tersedia di setiap ruang menjadi penghantar data jaringan, bisa mengkoordinasi berbagai multimedia saat ini, seperti PC, media player, dan smartTV. PLC disahkan ke standard IEEE 1901.

Sampai akhir 2010, Homeplug telah didistribusikan ke Eropa dan negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Devolo dan Az-tech sebagai contoh produknya. Az-tech akan memasarkan Homeplug ke Indonesia pada Juli.


Sumber :
PC Mild 12/2011 & www.atikom.co.id

2 thoughts on “PLC Sebagai Alternatif Saluran Jaringan Ethernet

  1. Mas Rizky,

    Artikelnya sepertinya agak corrupted tuh.. Bisa minta tolong di upload lagi atau kirim ke email saya ? Saya tertarik mengenai teknologi ini.. Artikenya ada dari PC Mild ya ? Bisa tolong di scan atau foto lalu kirim saya ?

    Terima kasih banyak sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s