Mengenal SHELL Programming #Bag 1


Mungkin diantara sahabat ada yang baru mendengar istilah SHELL, apa sih SHELL itu sebenarnya? kalau istilah-istilah seperti MS-DOS & Command Prom pastilah tidak asing lagi di telinga sahabat, nah di tempat seperti itulah kita bermain, tp bedanya disini kita bermain di CLI yang ada di linux salah satunya adalah Terminal.

Bagi sahabat yang sudah lama mengenal Linux mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. SHELL adalah program user atau suatu environment yang disediakan untuk user melakukan interaksi dengan sistem komputer, Shell juga bisa disebut sebagai bahasa pemograman interpreter yang mengeksekusi perintah-perintah yang kita masukkan.

di dunia Linux sendari ada beberapa jenis shell. Pertama, BASH ( Bourne Again Shell ) shell ini paling sering digunakan oleh distro Linux sebagai default shell karena merupakan Freeware shell. Kedua, CSH ( C Shell ) shell jenis ini syntax-nya hampir mirip dengan bahasa pemograman C. Ketiga, KSH ( Korn Shell ). Dan yang terakhir adalah TCSH shell ini adalah peningkatan dari C Shell ( CSH ).

Untuk mengetahui jenis shell yang digunakan oleh sistem linux sahabat, bisa mengetikkan perintah ini pada terminal “ cat /etc/shells ” (tanpa tanda petik ) atau echo $SHELL

sekian dulu sahabat pengenalan tentang SHELL, maaf jika kurang jelas dan terlalu ringkas kalo kebanyakan takut sahabat bosan, hehe.. kita ketemu d tulisan selanjutnya membahas “pengertian dari SHELL Programming atau SHELL Script dan pembuatannya

Best Regards
Rizky Anugrah Pratama
twitter @rizkyanpratam

One thought on “Mengenal SHELL Programming #Bag 1

  1. Ping-balik: Belajar Membuat Programming SHELL ( Bag 2 ) « R.i.e.z.k.i.e. Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s