Langkah Pertama Yang Terlupakan @Relawan


Assalamu’alaikum

Sahabat, jaman sekarang coba siapa yang gak tau facebook? Situs jejaring sosial ini memang fenomenal, dari anak SD sampek ninik-ninik punya fb.

Tapi yang mengherankan ada sebagian orang yang tidak tahu apa-apa tentang internet, mulai dari pengertiannya sampai maanfaatnya dalam kehidupan nyata. Meskipun dia pecandu berat situs jejaring soasial facebook. Sungguh ironis ya? Bahkan ada yang tidak kenal sama mbah google, mbah sakti mandra guna yang lebih sakti dari mbah-mbah bodo yang sering nongol di tv.

Itu terjadi sama adik saya, sungguh memalukan.. sibuk menjadikan orang lain cerdas informatif tapi lalai untuk mencerdaskan orang-orang terdekat seperti adik saya ini. Ternyata eh ternyata dia sibuk denga ponsel genggamnya setip hari hanya untuk fb-an dan sms-an, jauh dari dugaan saya dia menggunakan ponselnya untuk menyelesaikan berbagai masalah dan tugas – tugas yang dimilikinya , yaa dengan situs sakti yang bernama google.com tentunya.

Bahkan ketika saya bertanya apa itu google, fungsinya apa, cara menggunakannya bagaimana, dia tidak tahu! Yaa mungkin itu dilema di jaman sekarang ketika seorang anak kecil sudah diperkenalkan fb sejak dini oleh para pendahulunya tanpa dibekali ilmu yang cukup mengenai dampak positif maupun negatif dari facebook secara khusus dan internet secara umum.

Sekedar informasi aja nih, dulu pertama kali saya mengenal yang namanya internet situs pertama yang saya kenal adalah google.com karena tuntutan tugas dari guru, tapi jaman sekarang kebanyakan bocah mengenal internet pertama kali dari facebook karena sudah terlanjur dibuatin akun sama sang kakak jadi sayang kalo tidak digunakan, begitu katanya. #siapa tersangkanya?# Padahal untuk menggunakan fb ini ada syarat umur minimum yang harus terpenuhi, tapi pada kenyataannya banyak yang ditua-tuakan untuk bisa join ke fb.

Jadi kesimpulannya adalah masih banyak orang yang belum memaksimalkan penggunaan internet atau malah terjebak dalam hal-hal negatif yang ada didalamnya. Saya tidak ingin panjang lebar, langsung saja bagaimana menjadikan keluarga sahabat lebih cerdas dalam menggunakan internet?

  1. Perkenalkan internet itu apa? #sesedehana mungkin#
  2. Perkenalkan juga web browser ( tools untuk menjelajah internet )  dan beritahu dimana saja browser ini ada? Maksudnya adalah browser itu selain di komputer jg ada di ponsel, tablet pc dan smart phone. Jadi sahabat bisa berinternet ria dengan devace – device tersebut.
  3. Kemudian beritahu pula situs-situs apa saja yang berguna termasuk google.com dan cara membukanya sampai cara memanfaatkannya.
  4. Beritahu atau ceritakan norma-norma yang berlaku di internet dan hal apa saja yang harus dihindari dan apa saja yang wajib dilakukan. Baca internet sehat untuk lebih memahami poin ke-3 ini.
  5. Pasang perangkat keamanan di komputer jika aktivitas internet dilakukan di rumah. #cendrung dilakukan oleh orang tua # dan diskusikan dengan sang anak tentang hal ini.

Sekian sahabat yang bisa saya bagi meskipun ini sangatlah sederhana tapi semoga bisa bermanfaat dan membuat sahabat menjadi masyarakat yang lebih informatif dengan lebih memanfaatkan teknologi. #Salam relawan#

Best Regards
@rizkyanpratam

5 thoughts on “Langkah Pertama Yang Terlupakan @Relawan

  1. Jaman saya dulu masih booming Yahoo😀
    iya internet itu sekali sesat bisa menyesatkan, makanya kalo tidak ada panduang yang bener bisa jadi kebiasaan buruk yang mungkin nanti dianggap benar oleh penggunanya. Nice post!

    Tekno Muslim

  2. ada baiknya orang tua jangan bangga anaknya masih kecil udah bisa gunain,, atau “mainan facebook”,, soalnya kontennya blum ada yang bisa difilter sama mereka…

    • rasa khawatir harusnya lebih besar dr rasa bangga. orang tua yg baik akan berusaha sekuat mungkin menghindari anak2nya dari bahaya internet meskipun dirinya harus bersusah payah belajar .

      • internet sebenernya tool atau alat mempermudah, tinggal bagaimana ngegunainnya.
        makanya penting disini orang tua gak boleh gaptek.

        tapi klo yang orang tua yang jaman dulu ya… biasanya udah gak engehin yang namanya teknologi sih.. ini perannya kita yang muda yang lebih sering berkutik sama teknologi komputer.

        jadi bisa ngasih porsi penggunaannya sesuai umur nya..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s