Dilema “Service Center” Resmi


Artikel ini saya angkat dari pengalaman saya sendiri sahabat, ketika saya datang ke service center dari suatu brand ponsel yang lagi naik daunnya belakangan ini. Datang kesana bermaksud untuk memperbaiki ponsel sang adik yang lagi bermasalah yaitu ada pada track pad-nya yang tidak lagi berfungsi. Disini saya tidak akan membahas panjang lebar menganai masalah yang terjadi pada ponsel adik saya.

Tapi ada hal yang membuat saya terkejut sahabat, ketika tiba giliran saya setelah lama mengantri untuk mengadu tentang masalah saya ke cs, ketika itu saya langsung menjelaskan masalah yang terjadi dengan ponsel sang adik yaitu track pad-nya yang tidak berfungsi. Si cs menjawabnya dengan menerangkan bahwa kemungkinan ini track pad-nya akan diganti, tapi untuk memastikannya harus di cek dulu. Saya otomatis langsung bertanya dong “kira-kira biaya untuk ganti track pad baru berapa mbk?”  diluar dugaan saya ternyata harga yang dipatok cukup mahal yaitu 160 rb sedangkan di tempat lain hanya mematok harga berkisar 80 rb sampai 100 rb kebetulan sebelum datang ke service center saya telah mensurvey ke beberapa tempat yang berbeda. Kemudian saya menampiknya “kok mahal bener mbk? gak kemahalan?” tapi si cs bilang “kalo itu sudah dari sananya dan sudah termasuk biaya pasang”. “Nah loh.. bedanya jauh banget mbk? Dari 80 rb di konter biasa dan 160 rb untuk service center ( resmi ) bedanya 100 % sendiri ”, pastinya si cs gak mau disalahkan dong? Dia membalas “kalo di luar kita gak jamin itu asli tapi kalo di sini asli mas pasti original”

Saya ingin bertanya kepada sahabat jika sahabat memiliki masalah seperti saya, sahabat memilih menservice-nya di tempat service biasa atau di service center resmi? Dengan pertimbangan biaya dan mutu. Jujur itu yang membuat saya bingung sahabat. Pantas kalo beredar kabar kalau suku cadang dan layanan di gerai resmi itu biasanya lebih mahal ketimbang gerai tidak resmi, tadinya saya tidak percaya tapi setelah saya alami kejadian diatas ya memang benar. Bagaimana menurut sahabat semua?

Best Regards
@rizkyanpratam

Tinggalkan Balasan

