KENAPA KITA HARUS GALAU?


shhh__danbo_is_sleeping_by_whispering_legacy-d370yk9Galau itu ketika keinginan kita tidak tercapai. Ahh bukan.. galau itu ketika kita tidak bisa dekat dengan kekasih. Ahh masa.. galau itu ketika perasaan kita campur aduk, antara kesel, sebel, sedih yang gak tau apa penyebabnya. Ahh masa iya.. galau itu ketika kita was was menanti jodoh. Ohh gitu.. oke fix:D

Kembali ke topik, itulah beberapa jawaban ketika saya coba menanyakan definisi galau kepada teman-teman saya. Saya tidak sedang mencari siapa yang paling benar di antara teman-teman saya, tp karena saya memang sedang mencari bahan untuk tulisan saya ini. Hehe.. alhamdulillah mereka semua mau menjawab-nya, tanpa penasaran bertanya untuk apa.

Memang menurut saya pribadi semua jawaban teman saya itu tidak ada yang salah. Jawaban mereka semua benar. Perasaan galau pasti pernah melanda semua orang. Baik tua atau pun muda, baik laki-laki atau pun perempuan, pasti pernah pernah merasakannya.

Tahukah sahabat? galau dapat menurunkan produktifitas kita, galau merupakan perbuatan yang sia-sia, galau adalah tanda lemahnya iman. Saya khawatir kalau keseringan galau mental kita jd terganggu. Mungkin alasan-alasan tsb cukup membuat kita membuang jauh-jauh makhluk yang bernama Galau ini.

Saya terkadang heran dengan orang-orang yang senang sekali larut dalam kegalauan, menikmati kegalauan dan membaginya kepada orang lain. Mereka seakan bangga jika galau melanda diri mereka. Sehingga galau menjadi booming dikalangan remaja bahkan orang tua di jaman sekarang. Aneh memang.

Kita sebagai muslim harusnya bersyukur, karena ajaran kita mengatur tentang hal tsb dan meberikan solusinya. Allah swt berfirman, “Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita” (QS. At-Taubah:40)

Berikut ini tips anti galau yang dikutip dari Al-Qur’an:

1. Sabar

Allah swt berfirman “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar (QS.Al-Baqarah : 153)
Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung. (QS.Al-Imran : 200)

2. Adukan semuanya hanya kepada Allah

“Hanya kepamu lah kami menyembah, & hanya kepadamu lah kami meminta pertolongan” (QS.Al-Fatihah : 5)

3. Positive Thinking

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (QS.Al-Insyirah: 5-6)

4. Dzikrullah (Mengingat Allah)

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tentram (QS.Ar-Ra’du : 28)

5. Memiliki Semangat Bekerja Keras & Berserah kepada Allah swt.

Maka apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan) kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain & hanya kepada tuhanmu lah hendaknya kamu berharap. (QS.Al-Insyirah : 7-8)

Semoga ayat-ayat diatas bisa memotivasi kita untuk tidak galau lagi. bahwa galau itu perbuatan yang tidak baik, sangat merugikan, pastilah banyak sekali akibat buruk yang timbul. Jadi kita harus berusaha semaksimal mungkin menghindarinya.

Dari pada galau lebih baik kita melakukan kegiatan yang produktif. Mengasah potensi yang kita miliki dan dipergunakan untuk masyarakat luas, itu lebih Allah senangi dan cintai dari pada larut dalam kegalauan. Mungkin penulis pun pernah merasakan hal yang serupa. Saya menulis disini bukan niat untuk menggurui, tapi sebagai makhluk Allah swt kita wajib saling mengingatkan & saling memotivasi.

Salam cinta dari ku
Untuk mu sahabat ku
@rizkyanpratam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s